Bersih, Hemat, Bersahabat

5 Penyebab Mesin Cucimu Berbau

Busa melimpah = Cucian lebih bersih ?. Mindset ini mungkin menyebabkan mesin cucimu berbau :-).

1. Terlalu banyak Deterjen & Softener : Mesin cuci tutup depan didesain untuk mencuci dengan air yang sedikit (hemat). Apabila takaran deterjen dan softener terlalu banyak menyebabkan tertinggal di mesin atau pipa saat bilas. Kemudian lembab dan tumbuh lumut menyebabkan bau tidak sedap.

2. Tidak Menggunakan Deterjen HE (High Efficiency) atau Deterjen Khusus : Takaran 1 sendok makan atau 15gr per load sudah cukup. Deterjen HE didesain mudah dibilas dengan air yang sedikit. Contohnya deterjen khusus mesin tutup depan atau deterjen spr45.

3. Lupa Membuka pintu setelah proses cuci : Supaya tidak lembab dan tumbuh jamur pintu mesin cuci bisa dibiarkan terbuka sedikit kira-kira seukuran tangan.

4. Lupa Jalankan cleaning cycle minimal 1x per bulan : Istilah cleaning cycle pada tiap merk berbeda. seperti eco drum clean atau tub clean, semacam sesi perawatan untuk mesin cuci tutup depan.

5. Alternatif cuka sebagai pengganti softener : Cuka tidka hanya sebagai penyedap makanan, tetapi membantu menghilangkan residu deterjen dan melembutkan pakaian.

Masih Kesulitan membersihkan mesin cuci mu ? : Bawa aja cucianmiu ke laundry terdekat rumahmu. Swemoga Bermanfaat.

Leave a comment