Bersih, Hemat, Bersahabat

Materi Training Laundry untuk Customer Service (Front Depan)

Tips menghadapi pelanggan.

Bagaimana cara customer service dalam menghadapi pelanggan. 

Tugas Customer Service :

  1. Melayani pelanggan dengan ramah tamah dan mengucap salam serta memperkenalkan diri setiap /saat pelanggan datang.

Contoh : "Selamat pagi bu/pak, saya dengan Dilan ada yang bisa saya bantu ?"

 

bisnis laundry kiloan

2. Menanyakan apakah akan laundry kiloan/potongan, serta menjelaskan harga per kilogramnya dan menunjukan price list potongan pada pelanggan.

3. Menimbang Pakaian dan menghitung jumlah potongnya dihadapan pelanggan jika laundry masuk kiloan.

4. Memeriksa pakaian lebih detail dan menghitung juga jumlah potongnya dihadapan pelanggan jika laundry masuk potongan.

- Apakah pakaiannya ada yang sobek

- Apakah di bagian kancing ada yang lepas

- Apakah Pakaian sudah ada bekas luntur atau noda yang lain

- Apakah jahitan pakaian atau payet-payet dikebaya ada yg lepas, dll

 

"JANGAN LUPA MEMBERI CATATAN PADA NOTA"

Contoh :

"Bagian lengan sebelah kanan memang sudah ada bagian yang sobek saat di terima"

5. Membuat Nota dan dibedakan mana yang laundry kiloan dan mana yang laundry potongan agar checking pakaian pelanggan lebih mudah.

6. Menanyakan pada pelanggan parfum atau softener jenis dan aroma apa yang disukai (Jika ada pilihan softener dan parfum).

7. Menanyakan pada pelanggan, apakah laundrynya mau selesai biasa (sesuai standard yang ditentukan) atau request minta 1 hari selesai dengan tambahan biaya yang telah ditentukan, atau mau kilat dengan tambahan biaya yang juga telah ditentukan (kilat=4jam jadi).

8. Menanyakan apakah laundrynya mau dibayar lunass saat diterima, atau dibayar lunas saat pelanggan mengambil laundry.

9. Setelah selesai membuat nota, jangan lupa menunjukan nota pada pelanggan terutama tanggal saat laundrynya diterima, jumlah kilogramnya, jumlah potongnya, serta pilihan softener/parfum yang telah dipilih sebelumnya, pembayaran sudah lunas/belum, dan pastikan pelanggan menandatangani nota tersebut, ini untuk menjaga apabila ada complain dari pelanggan.

10. Untuk Nota, biasanya rangkap 3 (putih, biru dan hijau)

  • NOTA PUTIH : UNTUK PELANGGAN
  • NOTA BIRU : UNTUK ARSIP
  • NOTA HIJAU : UNTUK CUCIAN (Jadi kemana cucian ini nota harus selalu ikut di keranjang, agar pakaian tidak tertukar).

11. Jangan lupa memberitahukan kapan selesai laundrynya dengan ucapan salam

"Terima Kasih atas kunjungannya dan akan kami sms/telpon  jika laundrynya sudah selesai".

Bagaimana Tugas Seorang Kasir dalam sebuah Laundry. Baca TIPSnya disini.

Leave a comment