Bersih, Hemat, Bersahabat

Materi Training Laundry - Front Depan/Kasir

Tugas Kasir :

  1. Membuat Buku KAS
  2. Membuat File :

(NOTA BELUM SELESAI DAN NOTA SUDAH SELESAI)

3. Bertanggung jawab atas keluar masuknya UANG.

4. Cek KAS Kecil saat outlet buka dan saat outlet tutup.

(Kas Kecil=uang pecahan yang harus tersedia untuk memudahkan memberi uang kembalian pada pelanggan).

5. Mencatat semua transaksi pemasukan dan pengeluaran.

6. Cek pemasukan dan pengeluaran saat tutup outlet, apakah sudah sesuai dengan sistem di komputer), apakah ada uang selisih.

7. Memilah Nota - nota laundry yang masuk sebelum outlet tutup, seperti nota baru, nota yang sudah diambil atau dibayar lunas atau nota yang hanya mengambil saja tapi sudah lunas sebelumnya.

8. Membuat form CHECKING nota laundry yang masuk di hari sebelumnya (kemarin), sebelum melakukan proses mencuci, ini memudahkan kita dalam mengecek alur dari pakaian pelanggan, mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu (laundry yang standar, request atau kilat).

9. Membuat stock bahan baku dan pemakaian bahan baku setiap harinya (jika belum ada SUPERVISOR).

10. Memindahkan nota dari file belum selesai ke file nota sudah selesai jika laundry sudah dipacking dan siap diambil, ini semua untuk memudahkan mengontrol laundry per nomor nota dan tertibnya administrasi.

11. Penting untuk diingat jika laundry sudah dipacking dan siap diambil, jangan lupa sms/wa/telpon pelanggan bahwa laundryannya sudah selesai.

- contoh standard sms ke pelanggan ( sore mas indra, laundrynya sudah selesai, bisa diambil, terima kasih, tulis nama outletnya).

Baca selanjutnya Materi Proses Checking

Leave a comment