Bersih, Hemat, Bersahabat

Semaraknya Transformasi Bisnis Digital Laundry di Indonesia

Konsep bisnis laundry digital ini menitikberatkan pada penciptaan fleksibilitas waktu lebih baik bagi pemilik usaha dalam hal manajemen operasional usaha laundry miliknya.

Hal ini terkait dengan kelengkapan fasilitas yg saling menghubungkan antara pemilik, mesin cuci dan pelanggan melalui unduhan aplikasi khusus di smartphone. Aplikasi ini memberikan informasi pada pemilik usaha terkait penggunaan mesin, arus penghasilan, hingga kunjungan kembali pelanggan.

Informasi arus penghasilan dan kunjungan kembali pelanggan sendiri memungkinkan untuk didapat karena perbedaan cara transaksi pada konsep bisnis laundry digital ini.

Tak seperti halnya dengan kebanyakan laundry yg masih mengandalkan transaksi degan uang langsung, transaksi laundry digital ini menggunakan KARTU KHUSUS yang bertindak sebagai layaknya uang elektronik. Ada juga yang sudah menggunakan Scan QR Code sebagai Cara untuk melakukan Pembayaran secara elektronik. Selain lebih aman dari kemungkinan penyelewengan transaksi, fleksibilitas waktu memungkinkan pemilik usaha dapat membuat keputusan bisnis tanpa harus mewajibkannya terus berada dilokasi usaha.

Hal inilah yg membuat konsep ini membuka peluang lebih besar bagi para calon wirausahawan baik sebagai usaha utama maupun sebagai pendukung penghasilan utama dari bekerja di sektor formal.

Tak hanya bagi kepentingan pemilik usaha, konsep bisnis laundry digital ini pun didesain dengan memberi manfaat bagi konsumennya. Hal ini karena paket usaha ini menggabungkan layanan jasa cuci pakaian dengan kenyamanan penggunanya. Kenyamanan yg disajikan termasuk keberadaan ruang tunggu yg nyaman, TV, ketersediaan makanan atau minuman ringan dan konektivitas wifi.

Konsep laundry digital dan self service ini akan diaplikasikan pertama kali melalui gerai Netto Laundromart yang dibuka di Apartemen Kalibata Citu Tower R, Jakarta. Diikuti dengan Franchise baru yaitu Rewash Smart laundry yang berencana akan membuka Gerai Pertamanya yang menyusun Konsep Green Smart Laundry di daerah Green lake , Tangerang.

Netto laundromart bersiap untuk membuka laundry digital 5 di kota bali dalam upayanya melayani konsumen yang lebih banyak lagi. di tempat tersebut laundry digital ini siap untuk melayani lebih dari 100 konsumen per harinya dengan dukungan sebanyak 10 mesin cuci dan 10 pengering (dryer) di masing2 outletnya.

Terkait dengan kemitraan ini, rizal selaku dirut pt triton menyatakan ini merupakan kemitraan strategis diantara 2 perusahaan dengan pengalaman panjang dan reputasi yg baik dalam industrinya. Kepercayaan tinggi dari masyarakat lintas generasi ini akan menjadi modal kuat bagi suksesnya peluang bisnis laundry digital ini.

Tak sekedar optimis, pihaknya bahkan menyatakan secara simultan akan terus menambah jumlah gerai netto laundromart ini di berbagai kota di indonesia, seperti Medan dan bandung menjadi kota selanjutnya yg menjadi destinasi ekspansi utama di pulau jawa dan sumatera.

Leave a comment