Bersih, Hemat, Bersahabat

Tips Aman Menggunakan Jasa Laundry Umum di Tengah Pandemi Corona COVID-19

Tetap berada di dalam tempat tinggal atau lingkungan terdekat selama pandemi Virus Corona COVID-19 saat ini adalah hal yang terbaik dilakukan untuk menghindari risiko penularan. 

Situasi pandemi juga membuat banyak orang berusaha mencari solusi inovatif untuk sejumlah pekerjaan rumah mereka.

Namun bila sesorang sedang tinggal di luar kota dan tidak memiliki perabotan yang cukup, seperti alat pencuci dan pengering mesin pakaian misalnya, membuat mereka harus mengenakan layanan umum agar dapat menggunakan pakaian bersih setiap hari. 

Situs laman Mental Floss membagikan sejumlah tips mereka saat menggunakan mesin cuci umum atau tempat jasa layanan pembersih dan pengering pakaian di tengah pandemi Virus Corona COVID-19. 

Berikut ini adalah tips saat akan mendatangi hingga menggunakan tempat jasa layanan pembersih dan pengering pakaian di tempat umum.

1. Hindari Jam Sibuk dan Bersihkan Mesin Terlebih Dahulu

Cara yang bisa kita lakukan untuk menghindari kontak dengan orang lain adalah dengan menjaga jarak saat berada di tempat-tempat umum. Namun cara itu mungkin sulit untuk dilakukan saat mendatangi tempat layanan laundry, di mana mesin cuci dan pengering ditempatkan berdekatan, atau di ruang cuci apartemen yang mungkin tidak terlalu luas.

rewash laundry

Anda dapat menghindari keramaian dengan tidak mendatangi tempat layanan laundry itu pada jam sibuk, atau ketika lebih sedikit orang akan hadir.

Jika Anda tidak yakin kapan waktu di luar jam kerja, cobalah untuk menghubungi pihak layanan laundry.

Saran selanjutnya yaitu dengan menggunakan cairan pembersih atau sanitizer pada mesin cuci dan pengering. 

Pada umumnya, tempat-tempat umum harus dibersihkan oleh para petugas secara teratur, tetapi jika Anda tidak yakin apakah tempat laundry itu memenuhi standar kebersihan saat ini, Anda dapat mengatasinya dengan membersihkan permukaan dan gagang dari mesin dengan lap dan pembersih sebelum menggunakannya. 

2. Gunakan Air Panas dan Rapikan Pakaian di Rumah

Air panas adalah salah satu sumber yang baik untuk menghindari virus. Cobalah mencuci pakaian Anda dengan pengaturan air panas bila memungkinkan. 

Selain dapat membunuh kuman, dengan menggunakan air panas saat mencuci pakaian juga akan meminimalkan kuman yang mungkin tersisa dari muatan sebelumnya di dalam mesin cuci. 

Suhu pengering juga dapat membantu membunuh virus atau kuman apa pun yang tersisa, bila suatu saat Anda tidak dapat menggunakan air panas.

Tetapi Anda perlu mencuci tangan juga dengan pembersih, atau membuang sarung tangan setelah memindahkan beban basah dari satu mesin ke mesin lain. Dan cobalah untuk menyimpan pakaian di pengering selama minimal 45 menit.

3. Pastikan Anda tidak melipat pakaian hasil cucian di tempat layanan laundry itu.

Dengan permukaan meja yang mereka miliki, memungkinkan banyak pengguna lain meletakkan pakaian kering mereka secara rata dan melipatnya, yang bukan merupakan hal yang disarankan untuk situasi saat ini.

Kita tidak dapat memastikan kontaminasi kuman pada permukaan meja tersebut. Maka dari itu, melipat baju hasil cucian Anda di rumah merupakan ide yang terbaik untuk dilakukan saat ini.

4. Cari Laundry Self Service 

Kita dapat menggunakan Mesin Cuci dan Mesin Pengering sendiri di tempat Laundry secara Privat atau Personal.

5. Pembayaran Non Tunai/Cashless.

Kita dapat mencari Laundry-laundry yang sudah menggunakan Teknologi Seperti IOT yang dapat Menyalakan Mesin Cuci dengan Scan QR Code di Mesin Cuci dan Membayar secara Non Tunai atau Cashless hanya dari aplikasi smart phone untuk menghindari kontak langsung dengan bagian Kasir.

 

Leave a comment