Bersih, Hemat, Bersahabat

Tips Cara menggunakan deterjen pakaian dengan efektif

Hasil cuci yang kurang baik bukan seluruhnya salah deterjen Anda, tetapi bisa karena cara mencuci Anda yang belum tepat. Berikut tips jitu dalam menggunakan deterjen pakaian agar hasilnya memuaskan.

Sesuaikan kuantitas cucian dengan tipe mesin cuci

Beban cucian berlebih dapat menurunkan kinerja deterjen. Oleh karena itu, masukkan cucian sebanyak 70% dari total kapasitas mesin cuci top load Anda. Apabila menggunakan mesin cuci front load, masukkan cucian sebanyak 30-40% dari total kapasitas mesin cuci. Alasannya, kuantitas cucian yang lebih banyak membuat kotoran dan noda menjadi lebih sulit dihilangkan.

Tingkatkan jumlah pembilasan agar pakaian lebih aman di kulit

Tingkatkan jumlah pembilasan agar pakaian lebih aman di kulit

 

Jika Anda atau keluarga Anda ada yang berkulit sensitif, bilaslah pakaian hingga beberapa kali supaya residu deterjen benar-benar hilang. Khusus untuk pakaian bayi, apabila Anda khawatir mencuci dengan deterjen biasa, gunakanlah deterjen khusus. Namun, tidak semua kulit bayi dapat 100% cocok dengan formulanya meski telah menggunakan bahan yang aman untuk kulit bayi. Oleh karena itu, penting juga untuk memeriksa kondisi kulit bayi Anda secara berkala. 

Ketahui teknik membersihkan noda yang benar

Menggunakan deterjen yang tepat saja tidak akan efektif menghilangkan noda bila Anda tidak mengetahui teknik yang benar. Agar cucian bersih optimal, simaklah tips berikut ini.

Cucilah pakaian dengan air bersuhu 35°-40° C

Noda makanan berlemak cenderung larut dalam suhu 35°-40° C. Jika Anda kesulitan menghilangkan noda, Anda dapat mencucinya menggunakan air panas dengan suhu 35° hingga 40° C. Air panas tidak hanya mempermudah dan mempercepat pembersihan noda, tetapi juga meningkatkan efektivitas daya pembersih deterjen. 

Gunakanlah sabun cuci piring untuk menghilangkan noda berminyak

Gunakanlah sabun cuci piring untuk menghilangkan noda berminyak

 

Jika pakaian terkena noda makanan berminyak, cobalah menghilangkannya dengan menggunakan sabun cuci piring. Oleskan sabun cuci piring kemudian gosok terlebih dahulu sebelum memasukkan ke dalam mesin cuci. Selain aman digunakan, sabun cuci piring mengandung surfaktan yang dapat menghilangkan minyak dengan mudah. 

Untuk menghilangkan noda pada bagian ketiak dan kerah, gunakan sabun batang

Untuk menghilangkan noda pada bagian ketiak dan kerah, gunakan sabun batang

 

Kami merekomendasikan penggunaan sabun batang pada noda parah di daerah kerah dan lengan baju. Selain mengoleskannya ke noda, Anda dapat merendamnya dalam jangka waktu tertentu. Anda juga dapat menggosoknya secara lembut lalu mencucinya dengan cara biasa. 

Tambahkan sodium carbonate untuk meningkatkan kinerja deterjen

Tambahkan sodium carbonate untuk meningkatkan kinerja deterjen
Sodium carbonate yang bersifat basa mampu meningkatkan kinerja deterjen. Campurkan sesendok makan sodium carbonate maka noda darah, dahak, maupun noda makanan dapat teratasi dengan mudah. Meskipun demikian, sifatnya tidak sama dengan pemutih pakaian sehingga Anda dapat mencampurkannya dengan air panas untuk mencuci. 

Cara kerjanya dengan memasukkan sodium carbonate bersama deterjen di dalam mesin cuci. Gunakan takaran dengan tepat. Sebagai panduan, satu sendok makan sodium carbonate dapat digunakan pada mesin cuci berkapasitas 7-9 kg.

Gunakanlah sodium percarbonate agar pakaian putih makin putih

Gunakanlah sodium percarbonate agar pakaian putih makin putih
Agar pakaian putih menjadi lebih putih, tambahkan sodium percarbonate dalam air deterjen. Formulasinya dapat menghilangkan bakteri dan memberikan kesegaran pada cucian. Sebagai panduan, Anda dapat menuangkan 40 ml sodium percarbonate ke dalam 60 liter air. Anda dapat memasukkan sodium percarbonate ini bersama dengan memasukkan deterjen.

Kemudian, pada bilasan terakhir tambahkanlah sekitar 10 ml citric acid untuk menetralkan basa pada cucian. Hal ini bertujuan untuk mencegah kerusakan bahan pakaian dan warna kekuningan yang timbul bila pakaian disimpan dalam waktu lama. Apabila Anda menggunakan sodium percarbonate dan citrid acid, gunakan secara bersamaan bersama sabun dengan tingkat basa yang tinggi. 

Tapi jika Tips Manual di atas merepotkan anda, anda bisa menggunakan deterjen yang mampu melakukan itu semua untuk anda. Menggunakan deterjen yang mampu menghilangkan noda dengan cepat tanpa perlu mengkucek, deterjen yang dapat mencerahkan pakaian, yg membuat pakaian selain lebih cerah juga membuat pakaian menjadi lebih putih, bersih dan terawat.

Semoga Informasi ini bermanfaat.

translation missing: id.blogs.comments.title