Bersih, Hemat, Bersahabat

Tips dan Trik dalam menjalankan usaha Laundry

    • Cara menyikat pakaian dengan noda yang membandel pada saat pencucian manual yaitu sikat searah ke depan dan kadang-kadang pukul bagian noda dengan menggunakan sikat. Hal ini bertujuan agar serat kain tempat meresapnya noda terbuka, sehingga noda lebih mudah untuk dihilangkan ketika disikat.

    • Cara mensetrika pakaian : Tarik Pakaian (Jangan terlalu kencang) kemudian gosok pakaian ke depan satu arah.

      Tips menyetrika:

    • Persingkat waktu menyetrika anda dengan menaruh alumunium foil dibawah penutup meja setrika anda. Alumunium ini akan memantulkan panas sehingga secara tidak langsung anda telah menyetrika kedua sisi pakaian.

    • Setrikalah dari pakaian yang membutuhkan temperatur rendah (tidak terlalu panas) sampai dengan bahan pakaian yang membutuhkan temperatur tinggi sehingga anda tidak harus bolak-balik mengatur temperatur setrika anda.

    • Untuk mengatur setrika anda agar tidak terlalu panas, anda dapat memercikan sedikit air.

      Tips menghilangkan bulu-bulu halus:

    Tips menghilangkan bulu-bulu halus pada jas yaitu dengan menggunakan vacum cleaner kecil atau menggunakan double selotip.

     

    Tips dan Trik menghilangkan Noda:

    a) Noda Saus

    Kalau terkena saus tomat atau saus mustard, segera bersihkan pakaian dengan air hangat. Kalau noda itu menjadi merah, tidak usah khawatir karena akan hilang saat dicuci.

    b) Noda Parfum

    Parfum yang disemprotkan ke pakaian kadang meninggalkan bekas. Untuk membersihkannya, rendam pakaian di air hangat selama setengah jam. Lalu cuci seperti biasa. Atau rendam pakaian dalam air yang diberi cuka selama beberapa jam. Setelah itu cuci seperti biasa.

     

    c) Noda Oli

    Ambil secolek mentega lalu oleskan pada noda. Diamkan kira-kira 15-30 menit lalu cuci pakaian seperti biasa. Atau bisa juga menggunakan emulsi yang berfungsi untuk penghancur lemak. Caranya adalah dengan menggunakan sikat gigi yang dicelupkan ke emulsi, kemudian kita sikat bagian yang terkena noda minyak. Pelan-pelan pada saat menyikat supaya kain tidak sobek. Kemudian baru kita bilas bagian yang terkena emulsi tersebut dengan air.

     

    d) Noda Minyak

    Bila pakaian atau taplak terkena noda minyak, segera taburi tepung atau bedak talek. Diamkan selama 10-20 menit. Bersihkan, kalo nodanya belum hilang juga, ulangi kembali sampai noda hilang. Kalo tak mau hilang juga, gosok noda dengan tiner. Hati-hati jangan lakukan hal ini dekat api. Cara lain, cuci kain dengan air sabun hangat, tapi jangan panas. Bila yang terkena minyak, pakaian yang terbuat dari  nilon, segera taburkan bedak talek pada noda tersebut. Atau ambil kertas minyak untuk muka, taruh di noda. Lalu noda disetrika. Setelah selesai, taburi dengan bedak talek. Untuk menghilangkan noda minyak bisa juga dengan menggunakan emulsi. Untuk caranya sama dengan tata cara noda oli.

     

    e) Noda karena anti perspirant/deodorant

    Basahi noda dengan menggunakan cuka putih dan diamkan selama 30 menit. lalu cuci noda dengan menggunakan air hangat dan dengan menggunakan deterjen dengan formula enzym.

     

    f) Noda LumpurBiarkan lumpur mengering, baru setelah itu lumpurnya disikat. Kalau masih ada sisa noda, gosok dengan air rebusan kentang. Terakhir cuci biasa.

     

    g) Noda Lilin

    Bila pakaian atau taplak meja anda ketumpahan lelehan lilin, keriklah dengan benda tumpul. Setelah tinggal sisa-sisanya ambil kertas yang menyerap  minyak. Taruh kertas itu diatas noda lilin lalu setrika dengan setrika panas sampai lilinnya mencair dan menyerap kertas tersebut.

     

    h) Noda Karat

    Masak air di ketel, lalu pakaian yang terkena noda karat dijerang ke uap panas ketel sambil diberi perasan air jeruk nipis. Lalu kucek beberapa saat. Setelah itu cuci seperti biasa. Atau Tetesi bagian yang berkarat dengan cuka dan garam. Lalu gosok sampai bersih. Setelah itu cuci kain dengan sabun. Ulangi cara ini sampai noda karatnya hilang. Cara lain, teteskan air jeruk nipis pada bagian pakaian yang bernoda karat. Sementara itu ambil kain bersih dan celupkan ke air. Lalu taruh kain diatas noda. Setelah itu, setrika pakaian  yang ditutup kain bersih. Ulangi beberapa kali maka noda karatpun akan hilang, atau dengan cara lain yaitu spotting (cara menghilangkan noda dengan cara diteteskan diatas noda) dengan menggunakan air aki. Ataubisa juga untuk menghilangkan karat dengan menggunakan stain remover. caranya adalah dengan mengoleskan dengan cotton bud (kapas telinga) yang telah dicelup dengan stain remover. Apabila belum hilang maka diulang-ulang namun maksimal 3 kali pengulangan, karena akan membuat pakaian tipis. pelan-pelan dalam mengoleskannya supaya kain tidak robek.

     

    i) Noda Getah

    Olesi mentega pada noda lalu diamkan sebentar. Setelah itu cuci pakaian atau taplak dengan sabun, sambil daerah yang ternoda dikucek-kucek. Kalau baru kena getah, segera kucurkan air panas ke pakaian yang bernoda. Kalau tidak mau hilang juga, ambil sagu yang diberi sedikit air. Oleskan larutan sagu ke bagian yang terkena getah itu. Setelah kering, bersihkan dengan sikat lembut. Atau tetesi minyak tanah pada bagian yang bernoda, rendam pakaian beberapa saat, kemudian angkat dan olesi kembali pada bagian yang terkena noda dengan sabun deterjen, gosok perlahan dengan sikat, kemudian cuci biasa dengan menggunakan sabun.

     

    j) Noda coklat

    Bila pakaian terkena noda coklat dan sudah dicuci nodanya tidak mau hilang, coba cuci dengan air hangat dan obat penghilang noda.

     

    k) Noda Darah

    Bersihkan noda darah dengan air garam. Setelah noda hilang, bilas pakaian dengan air hangat. Terakhir cuci seperti biasa. Jika pakaian-pakaian yang terkena noda darah ini bisa dicuci, gunakanlah larutan penghilang warna untuk pakaian putih atau larutan boraks yang panas Untuk yang berwarna. Namun, jika tidak boleh dicuci, buatlah adonan dari amonia dan tempelkan pada noda. Tunggu beberapa lama hingga amonia menyerap noda tersebut. Baru setelah amonia kering, sikatlah dengan sikat lembut danulangi proses ini sesuai kebutuhan.

     

    l) Noda Cat pada pakaian

    Ambil sebutir telor, pecahkan. Oleskan putih telur ke noda cat. Gosok kain/pakaian yang bernoda berulang-ulang dan rendam semaleman. Dapat juga menggunakan penghilang noda. Gunakan cotton bed celupkan penghilang noda dan oleskan perlahan. Bilas dan cuci seperti biasa.

     

    m) Noda kuning pada kain atau pakaian

    Buat campuran obat pemutih dan air dengan perbandingan 1:8. Rendam pakaian selama 10 menit di larutan tersebut. Setelah diperas, celupkan kain kedalam air yang diberi sedikit cuka untuk menetralisir daya kerja obat pemutih. Bilas dan cuci seperti biasa. Bisa juga dengan campuran obat pemutih dan air dengan perbandingan 1:1. Lalu ambil cairan tersebut dengan pipet dan tuang ke noda. Setelah digosok sebentar, bilas dengan air.Kalau perlu ulang kembali sampai nodanya hilang.

     

    n) Kerah Blus tetap putih

    Jengkel karena blus putih kerahnya sering dekil akibat terkena keringat ?, untuk mengatasinya, sebelum dicuci gosoklah dengan kapur tulis. Diamkan sampai meresap. Setelah itu baru dicuci seperti biasa. Atau olesi kerah blus dengan shampo yang dapat melarutkan lemak. Diamkan beberapa saat, baru dicuci seperti biasa sambil dikucek-kucek.

     

    o) Menghilangkan Noda Tinta pada Pakaian

    Mula-mula basahi bagian yang terkena tinta. Kemudian, ambilah jeruk nipis atau jeruk purut serta kapur sirih. Gosokan secara bersamaan jeruk dan kapur sirih tersebut dibagian yang terkena noda. Sesudah itu, cuci dan bilas dengan air hangat dan sabun. Lalu, bilaslah dengan air hingga bersih. Sabun colek juga dapat membersihkan noda tinta, caranya adalah rendam pakaian yang terkena noda tinta selama 20 menit dengan air biasa. Setelah itu, ambil sabun colek dan oleskan pada pakaian yang terkena noda tinta, lalu kucek sampai noda hilang atau sikat noda sambil sekali-kali dipukul tepat pada bagian noda agar serat kain terbuka sehingga noda mudah dibersihkan.

     

    p) Melenyapkan noda pada karpet

    Untuk noda baru gunakanlah air soda sebagai bahan pembersih. Tuangkanlah sedikit air soda diatas noda, kemudian bersihkan dengan spons. Untuk noda lama, bersihkan dengan deterjen dan asam cuka. Caranya ?, campurkan 2 sendok makan deterjen dan 3 sendok makan cuka. Setelah itu, tuangkan air hangat sebanyak 1 liter. Aduk ketiga bahan ini dan bersihkan noda-noda dengan bantuan spons. Sesudah itu, keringkan dengan kain penyerap.

     

    q) Menghilangkan noda luntur

    Jika pakaian anda kelunturan pakaian lain, rendamlah pakaian tersebut selama 30 menit dengan larutan asam cuka yang telah dicampur dengan deterjen, setelah itu cucilah seperti  biasa.

     

    r) Menghindari Baju Apek

    Jangan mensetrika pakaian yang belum benar-benar kering karena akan menyebabkan bau apek pada pakaian. Untuk jenis pakaian tertentu saja yang menggunakan semprotan air, jangan terlalu banyak/gunakan secukupnya karena akan menyebabkan apek jika basah. Jangan terlalu lama merendam pakaian dalam air deterjen dan jangan meninggalkan pakaian setengah kering didalam dryer setelah proses selesai. Apabila belum kering maka ulangilah mengeringkannya. Jangan terlalu lama menunda cucian masuk pengering selang waktu lama.

     

    s) Menghilangkan Noda Membandel Khusus pakaian katun putih

    Untuk menghilangkan noda membandel pada jenis kain khusus katun (cotton) warna putih yakni dengan menggunakan stain remover dan powder pemutih. Caranya yaitu : celupkan terlebih dahulu cotton bud pada stain remover supaya basah kapasnya, kemudian oleskan pada powder pemutih supaya serbuk powder menempel pada kapas, lalu celupkan lagi cotton bud tersebut ke stain remover, maka akan timbul reaksi gelembung-gelembung, segera oleskan ke kain yang terkena noda secara pelan-pelan. Fungsi gelembung adalah membuka serat kain sehingga noda mudah diangkat oleh kapas.


    Perhatian !! 
    Jangan dilakukan di kain sutra, dan lain-lain untuk teknik tersebut, karena dapat merusak kain.

     

    Cara jitu menggunakan Pemutih:

    Pemutih pakaian atau bleaching merupakan dewa penolong jika deterjen atau sabun tak sanggup mengusir noda atau memutihkan pakaian yang kusam. Namun, kalau tidak hati-hati, pakaian jadi rusak sedang noda juga tak kunjung hilang. Ada cara jitu untuk memaksimalkan penggunaan pemutih ini, yakni :

    • Pertama, perhatikan jenis kain, baca labelnya, sebab ada beberapa jenis kain yang tidak bisa di bleaching, akibatnya bahan jadi menguning (biasanya kain sutra).

    • Ketika menggunakan pemutih, jangan langsung tuang cairan pemutih ke dalam cucian pakaian. Sebaliknya, siapkan dulu airnya, beri pemutih dan aduk rata. Setelah itu baru masukkan pakaian kedalamnya.

    • Pilihlah lebih dahulu jenis dan tekstur pakaian yang akan diberi pemutih yang kasar campur dengan yang kasar. Begitupun juga dengan yang halus, campurkan dengan yang halus. Hal ini untuk mencegah pakaian anda menjadi rusak atau ternoda.

    • Jangan merendam pakaian dalam pemutih terlalu lama. Paling tidak 10-15 menit sudah cukup membuat pakaian putih. Kalau terlalu lama, serat pakaian bisa rusak, menipis atau malahan robek untuk bahan kaos tertentu.

    • Jika anda akan mencampur pemutih dengan deterjen, sebaiknya cuci terlebih dahulu pakaian anda dalam deterjen, abru kemudian tambahkan pemutihnya.

    • Jika pemutih dicampur langsung dengan deterjen, enzim deterjen akan rusak sehingga tidak mampu membersihkan kotoran pakaian.

Leave a comment