Bersih, Hemat, Bersahabat

Tips Membersihkan Sepatu Kulit (Leather)

Sepatu kulit (leather shoes) adalah sepatu yang hampir keseluruhan material upper nya menggunakan bahan dasar leather. Sepatu leather bisa berjenis sepatu formal maupun informal. Sepatu leather yang formal biasa digunakan untuk acara pesta dan jamuan serta acara-acara resmi lainnya menimbulkan kesan berkelas. Sedangkan sepatu leather informal seperti sepatu boots digunakan untuk acara-acara outdoor dan traveling. Material leather memerlukan perlakuan khusus agar dapat awet dan tahan lama seperti pemberian conditioner lotion, membuat sepatu lebih enak dipakai.

Berikut langkah-langkah perawatan dan pembersihan sepatu leather sebagai berikut:

 STEP 1. Tali Sepatu (shoe laces) Lepaskan tali sepatu terlebih dahulu, lalu ditandai (mengikat tali ujung sepatu sebelah kanan) untuk tali sepatu kiri dan tali sepatu kanan agar jangan sampai tertukar.

 Leather Shoe Laces Untuk tali sepatu yang berbahan dasar kulit maka langkah pembersihan dan perawatannya sebagai berikut:

  1. Pembersihan
  2. Easy Stain (noda ringan) Sediakan sunflower oil soap dengan air suhu normal 80ml, kemudian sikat tali sepatu menggunakan spatula brush kecil.
  3. Hard Stain (noda berat) Oleskan tali sepatu dengan saddle soap, kemudian lap dengan kain micro fiber. Setelah bersih diangin-anginkan hingga kering.
  4. Perawatan Oleskan Lotion ke polish cloth, dan ratakan ke permukaan tali sepatu.

Fabric Shoe Laces untuk tali sepatu yang berbahan dasar rajutan maka langkah pembersihannya sebagai berikut:

Pembersihan

  1. Easy Stain (noda ringan) Sediakan sunflower oil soap dengan air suhu normal 80ml, kemudian Rendam tali sepatu selama 15mnt
  2. Hard Stain (noda berat) Sediakan sunflower oil soap dengan air hangat 80ml, kemudian rendam tali sepatu selama 15mnt. Jika noda membandel sediakan sunflower + detergen (rewash) dengan air hangat 80ml, kemudian Rendam tali sepatu selama 15mnt

STEP 4.1. Membersihkan permukaan Upper dari Kotoran (Easy Cleaner) Tujuannya menghilangkan noda / Kotoran ringan mengendap pada step berikutnya 1. Lap dengan kain micro fiber, buffing permukaan dengan polish cloth

STEP 4.2. Membersihkan permukaan Lumpur Tujuannya menghilangkan noda / kotoran berat mengendap pada step berikutnya

  1. Usap permukaan menggunakan polish cloth dengan mengunakan saddle soap.
  2. Lap dengan kain micro fiber kering , buffing permukaan dengan horse hair brush.

 STEP 5. Memberi lotion pada upper tujuannya adalah melembutkan, Menutrisi, dan melembabkan permukaan kulit

  1. Oleskan lotion ke polish cloth / jari telunjuk dan jari tengah, kemudian oleskan ke permukaan kulit secara menyeluruh.
  2. Buffing permukaan dengan polish cloth
  3. Buffing menggunakan horse hair brush

STEP 6.1. Memberi Creme pada upper Tujuannya adalah mengkilapkan, menjaga warna, mencerahkan, dan melapisi permukaan upper. Proses ini digunakan untuk sepatu material leather (Pull Up, Crazy horse, chrome exel, Full Grain) namun TIDAK untuk leather berjenis natural leather.

  1. Oleskan Creme (sesuai warna) ke polish cloth, kemudian oleskan ke permukaan kulit secara menyeluruh.
  2. Buffing permukaan dengan Horse hair brush,kemudian di lanjutkan buffing permukaan dengan polish cloth di beri sedikit air untuk meratakan creme

Baca juga : Tips untuk membersihkan sepatu Sneakers

translation missing: id.blogs.comments.title