Bersih, Hemat, Bersahabat

Tips Membersihkan Sepatu Sneakers

Sepatu sneakers adalah sepatu berbentuk sportif membuat orang yang memakainya merasa nyaman. Selain memberi rasa nyaman bagi pemakainya, sneakers juga menampilkan gaya bersepatu yang trendy. Tidak hanya pria yang menyukai dan mengagumi sepatu sneakers, tapi banyak juga wanita yang senang memakai sneakers. Karena memang sneakers cocok untuk pria maupun wanita. Bahkan ada yang dirancang khusus untuk wanita.

Sneakers bukan lagi barang langka. Di hampir semua toko – toko sepatu sudah menyediakan sneakers. Sneakers adalah sepatu sport yang memberikan banyak warna dan juga banyak model. Meskipun sepatu sport, sneakers tidak hanya digunakan untuk olahraga. Sneakers bisa dipakai dalam beberapa acara. Bahkan orang yang begitu suka dengan sneakers menjadikan sneakers sebagai koleksi. Tapi kebanyakan dari kita jika sudah senang mengunakan sepatu favourite kita sampe lupa membersihkannya selain karena sibuk ataupun karena bingung bagaimana cara membersihkan sepatu yang baik dan benar.

Berikut adalah langkah-langkah perawatan dan pembersihan sepatu berjenis sneakers :

STEP 1.

Tali Sepatu (shoe laces) Lepaskan tali sepatu terlebih dahulu, lalu ditandai (bisa dengan mengikat salah satu ujungnya) untuk tali sepatu kiri dan tali sepatu kanan agar jangan sampai tertukar.

  1. Leather Shoe Laces Untuk tali sepatu yang berbahan dasar kulit maka langkah pembersihan dan perawatannya sebagai berikut:
  2. Pembersihan

 Easy Stein (noda ringan) / Hard Stein (noda berat) Oleskan saddle soap ke kain mirco fiber kemudian usapkan ke tali sepatu, kemudian lap dengan kain kering

  1. Perawatan Oleskan Lotion ke polish cloth, dan ratakan ke permukaan tali sepatu.

Perhatian! Shoe laces harus terpasang sesuai keadaan semula

B.Fabric Shoe Laces Untuk tali sepatu yang berbahan dasar rajutan maka langkah pembersihannya sebagai berikut:

  1. Pembersihan
  2. Easy Stain (noda ringan) Sediakan sunflower oil soap dengan air suhu normal 80ml, kemudian Rendam tali sepatu selama 15mnt
  3. Hard Stain (noda berat) Sediakan sunflower oil soap dengan air hangat 80ml, kemudian rendam tali sepatu selama 15mnt. Jika noda membandel sediakan sunfloweroil soap + detergen (rewash) dengan air hangat 80ml, kemudian Rendam tali sepatu selama 15mnt

STEP 2. Membersihkan permukaan dari debu Buffing with Horse hair Brush, tujuannya adalah untuk mencegah kotoran mengendap pada step berikutnya

STEP 3. Membersihkan Out Sole Tujuannya adalah untuk mehilangkan noda dan mengkilapkan.ada 3 macam sole yang sering digunakan pada sepatu sneakersyaitu Karet (Gum Sole), Crepe Sole, dan Eva Sole.

Proses pembersihannya sebagai berikut

  1. Easy Stain (noda ringan)
  2. Sediakan sunflower oil soap dangan air suhu normal 80ml , Sikat dengan spatula brush kecil dengan cara memutar, dengan air suhu normal.
  3. Semprotkan instan shine (instan spray coconut soap) secara menyeluruh ke permukaan outsole, kemudian sikat dengan spatula brush kecil / lap dengan kain micro fiber.
  4. Hard Stain (noda berat)
  5. Sediakan sunflower dengan air hangat 80ml , kemudian celupkan kain Microfiber, dengan sedikit basah usap ke bagian yang bernonda membandel
  6. Semprotkan silicon wax ke polish cloth, dan ratakan ke permukaan sole samping.

STEP 4. Membersihkan upper Tujuanya adalah untuk menghilangkan noda, melembutkan, mengkilapkan, menjaga warna, dan mencerahkan.

Ada beberapa macam bahan yang sering digunakan pada sepatu sneakers antara lain Knit, Flywire cables, Canvas, Nylon, Leather, Synthetic Leather, Suede, dan Nubuck.

 Langkah-langkah pembersihan dari noda sebagai berikut:

a, Knit, Flywire cables, Leather

Easy Stain: Sediakan sunflower oil soap dengan air suhu normal 80ml, kemudian celupkan kain Microfiber, dengan sedikit basah usap ke bagian yang bernonda membandel.

Hard Stain: Lakukan prosedur easy stain dengan frekwensi yang lebih tinggi

Perhatian! Knit & flywire cables: NO BRUSHING, NO HOT WATER

b. Nylon

Easy Stain: Sediakan sunflower oil soap dangan air suhu normal 80ml , Sikat dengan spatulabrush kecil dengan cara memutar, dengan air suhu normal.

Hard Stain: Sediakan sunflower oil soap dengan air suhu normal 80ml, kemudian celupkan kain Microfiber, dengan sedikit basah usap ke bagian yang bernoda membandel.

c. Synthetic Leather

Easy Stain: Sediakan sunflower oil soap dangan air suhu normal80ml , Sikat dengan spatula brush kecil dengan cara memutar, dengan air suhu normal.

Hard Stain: Sediakan sunflower oil soap dengan air hangat80ml , kemudian celupkan kain Microfiber, dengan sedikit basah usap ke bagian yang bernoda membandel.

d. Canvas

Easy Stain: Sikat dengan spatula brush kecil dengan cara memutar, dengan air suhu normal. Menggunakan canvas soap

Hard Stain: Usap kotoran membandel dengan kain microfiber yang telah di basahi sebelumnya, dengan air suhu normal. Menggunakan canvas soap

e. Suede& Nubuck

  1. Hapus kotoran dengan penghapus suede, pada bagian yang bernoda.
  2. Tuangkan suede cleaner kedalam wadah, sikat dengan menggunakan spatula brush kecil ke seluruh permukaan Suede, sikat dengan air bersih / lap untuk membilas permukaan sampai tidak ada busa.
  3. Semprotkan suede renovatur secara menyeluruh ke permukaan suede, tunggu sampai kering. Perhatian! Setelah treatment warna akan menggelap & penanganan nubuck harus dengan perawatan ekstra.

 Baca Juga : Tips memilih Deterjen Laundry yang bagus buat pakaian

translation missing: id.blogs.comments.title