Bersih, Hemat, Bersahabat

Tips Memilih Deterjen untuk Rumah Tangga dan Usaha Laundry

Saat mencuci baju, Anda membutuhkan deterjen yang bagus untuk membersihkan noda. Deterjen sebaiknya juga lembut di tangan dan aman untuk kulit sensitif. Bahkan, saat ini sudah banyak produsen yang membuat deterjen dengan formula anti bakteri hingga antiseptik. Berbagai keunggulan ini dapat ditemukan pada merk terkenal, seperti Rinso, Attack, So Klin, SPR45, Rewash dan lain sebagainya.

deterjen hemat ramah lingkungan deterjen spr45

Terkadang, banyaknya produk deterjen yang bagus dapat membuat Anda bingung memilih. Untuk itu, kami akan memberikan tips memilih deterjen terbaik beserta sepuluh rekomendasi produk yang dapat Anda pertimbangkan. Untuk informasi selengkapnya, simak ulasan kami hingga tuntas!

Cara memilih deterjen pakaian

Untuk mengetahui cara memilih deterjen yang bagus, berikut tips-tips dari kami. Yuk simak tipsnya bersama-sama!

Pilih jenis deterjen yang sesuai dengan kebutuhan

Ada berbagai macam jenis deterjen, seperti deterjen cair, deterjen bubuk, dan gel ball. Pilihlah jenis deterjen yang bagus berdasarkan keadaan dan jenis pakaian Anda. Untuk selengkapnya, simak ulasan kami berikut ini!

Untuk penggunaan sehari-hari dalam rumah tangga, gunakan deterjen cair

Apabila Anda ingin membersihkan noda pada pakaian yang kotor akibat aktivitas di siang hari atau handuk bekas, pilih deterjen cair. Deterjen ini juga kami rekomendasikan untuk pemilik mesin cuci front loading dan mesin cuci yang dapat bekerja dengan sedikit air.

Keunggulan deterjen cair ini adalah mudah larut di dalam air. Bahkan ada beberapa produk yang dapat digunakan hanya dengan sekali bilas. Dengan demikian, Anda dapat menghemat air dan waktu. 

Untuk Anda yang sering mencuci, pilihlah deterjen bubuk

Untuk Anda yang sering mencuci, pilihlah deterjen bubuk

 

Untuk Anda yang rutin mencuci setiap hari, kami merekomendasikan deterjen bubuk. Apalagi bagi Anda yang memiliki anak atau bekerja outdoor, deterjen jenis ini adalah yang paling sesuai. Deterjen bubuk biasanya memiliki kemasan besar sehingga dapat digunakan berkali-kali. Dengan demikian, Anda tidak perlu bolak-balik membeli deterjen. 

Meski demikian, kekurangan deterjen bubuk adalah sulit untuk larut di dalam air sehingga perlu dibilas hingga bersih. Jika pembilasan tidak mencukupi, dikhawatirkan deterjen akan menempel pada pakaian. Hasilnya, pakaian akan terasa kasar dan mungkin dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Untuk mengatasinya, Anda dapat menambahkan volume air saat mencuci.

Tapi ada salah satu merk deterjen bubuk yang sangat direkomendasikan karena larut sempurna dalam air dan juga tidak meninggalkan bekas sisa cucian, sehingga selain mampu merawat pakaian juga tidak merusak mesin cuci.

Deterjen Bubuk SPR45 dan Rewash, 2 merk deterjen ini sangat direkomendasikan. Karena selain mampu larut sempurna, juga hemat pemakaian, sedikit busa sehingga hemat air, tidak panas ditangan sehingga tidak menimbulkan iritasi dan juga ramah lingkungan, yg membuat air bekas cucian tidak menimbulkan limbah dan air bekas cucian bisa menyuburkan tanaman.

 

Untuk Anda yang memiliki kesibukan tinggi, pilih gel ball

Untuk Anda yang memiliki kesibukan tinggi, pilih gel ball

 

Bagi keluarga yang sangat sibuk dan tidak sempat melakukan pekerjaan rumah tangga, kami merekomendasikan deterjen gel ball. Untuk menggunakannya, masukkan gel ball ke dalam mesin cuci. Dengan demikian, Anda tidak perlu lagi mengukur jumlah deterjen atau mengisi ulang deterjen saat proses pencucian. Cukup menghemat waktu, bukan? 


Meski praktis digunakan, sebaiknya Anda memperhatikan lokasi penyimpanannya. Apabila tidak berhati-hati, ada kemungkinan gel ball meleleh jika diletakkan di tempat yang panas atau lembap. Kemungkinan lain apabila Anda meletakkan gel ball sembarangan adalah gel ball bisa termakan oleh buah hati karena dianggap permen.

Pilihlah deterjen yang sesuai dengan noda yang ingin Anda bersihkan

Hal selanjutnya yang harus Anda perhatikan adalah memilih deterjen berdasarkan noda atau kotoran yang ingin Anda bersihkan. Berikut ini penjelasannya!

Hilangkan noda sehari-hari menggunakan deterjen dengan alkalinitas rendah

Hilangkan noda sehari-hari menggunakan deterjen dengan alkalinitas rendah

 

Sebagian besar noda pada pakaian dapat dihilangkan dengan deterjen berakalinitas rendah. Beberapa jenis noda yang Anda temui sehari-hari, seperti keringat, noda minyak, tumpahan makanan, atau cairan tubuh, hampir semuanya bersifat asam. 

Untuk menetralkan sifat asam pada noda, Anda dapat menggunakan deterjen dengan alkalinitas rendah yang memiliki sifat berlawanan. Dengan demikian, kotoran dapat hilang hingga tuntas. Namun, jika Anda ingin menghilangkan noda seperti bau ikan, pilihlah deterjen dengan akalinitas sedikit tinggi untuk menetralkannya. 

Gunakanlah deterjen netral untuk menjaga tekstur bahan pakaian tertentu

Gunakanlah deterjen netral untuk menjaga tekstur bahan pakaian tertentu

 

Jika Anda ingin membersihkan pakaian bertekstur halus, seperti bahan rajutan atau 100% wol, pilih deterjen yang lembut. Tak hanya itu, bila Anda ingin mencuci pakaian yang sangat lembut, seperti sutra, pilihlah deterjen netral atau deterjen khusus. Pemilihan deterjen ini dapat mencegah penyusutan dan perubahan warna pada pakaian Anda. 

Pertimbangkan kandungan bahan lainnya sesuai dengan kebutuhan Anda

Selain bahan yang efektif menghilangkan noda, produsen biasanya juga menambahkan kandungan bahan lain yang bisa menjadi nilai lebih. Pilihlah kandungan tambahan sesuai dengan yang Anda perlukan!

Untuk menjemur di dalam ruangan, pertimbangkan kandungan pemutih

Untuk menjemur di dalam ruangan, pertimbangkan kandungan pemutih

 

Jika Anda mengeringkan pakaian pada ruangan tertutup, pilih deterjen yang mengandung pemutih. Pengeringan di dalam ruangan tentu membutuhkan waktu yang lebih banyak dibandingkan pengeringan di luar ruangan. Oleh karena itu, kuman lebih mudah tumbuh. Berhubung deterjen yang mengandung pemutih lebih ampuh menghilangkan noda, kotoran penyebab bau tak sedap sudah bersih tuntas pada saat pencucian. 

Pemutih akan lebih efektif apabila digunakan pada suhu sekitar 35° sampai 40°C. Apabila aroma pakaian masih kurang sedap, penyebabnya bisa berasal dari jumlah cucian kotor lebih banyak dibandingkan rasio deterjen. Ketika Anda mendapati deterjen tidak efektif, sebaiknya Anda tidak langsung mengganti deterjen tetapi perhatikan metode pencuciannya.

Untuk melembutkan kain, pilih yang mengandung pelembut

Untuk melembutkan kain, pilih yang mengandung pelembut

 

Jika Anda ingin membuat serat kain cucian Anda lebih lembut, sebaiknya pilih deterjen yang mengandung pelembut. Selain itu, penggunaan deterjen sekaligus pelembut dapat menghemat waktu, uang, dan tempat penyimpanan. Meski tidak bisa seharum dan selembut saat menggunakan pelembut khusus, setidaknya baju lebih halus dibandingkan saat memakai deterjen biasa.

Untuk meningkatkan ketajaman warna putih pakaian, pilih deterjen dengan kandungan fluorescent agent

Untuk meningkatkan ketajaman warna putih pakaian, pilih deterjen dengan kandungan fluorescent agent

 

Jika Anda ingin memutihkan pakaian, kami merekomendasikan deterjen yang mengandung flourescent agent. Flourescent agent dapat menyerap radiasi ultraviolet dan mengonversi radiasi menjadi sinar biru. Proses itu dapat membuat pakaian Anda tampak lebih cerah. 

Alasan warna putih pada kain secara berangsur-angsur menjadi kusam adalah makin memudarnya flourescent agent akibat pencucian berulang. Untuk itu, apabila deterjen Anda mengandung flourescent agent, warna putih asli pada pakaian dapat dipertahankan dengan baik. Meski begitu, penggunaannya perlu diperhatikan karena bahan ini sulit dihilangkan dari pakaian Anda. Selain itu, jangan gunakan deterjen jenis ini pada pakaian berwarna gelap!

Demikianlah beberapa tips memilih deterjen berdasrkan jenis dan merknya. Semoga bermanfaat.

translation missing: id.blogs.comments.title