Bersih, Hemat, Bersahabat

TIPS Mengelola Bisnis Laundry

Bagaimana memanage laundry dengan benar ?

Pengelolaan laundry yang benar haruslah meliputi beberapa hal diantaranya :

 

  1. Pengelolaan tenaga kerja yang baik

    Pengelolaan tenaga kerja yang baik dan konsisten artinya tidak terlalu sering  berganti ganti tenaga kerja ini yang akan menentukan sedikitnya 50% dari berhasil atau tidaknya suatu laundry dapat berjalan dengan baik, tenaga kerja yang baik haruslah memiliki :

    a) Pengetahuan tentang cara mencuci/Laundry yang benar. Tutorial tentang cara mencuci bisa dibaca disini
    b) Pengetahuan tentang cara mencuci/laundry yang benar.
    c) Pengetahuan tentang pengelolaan waktu Laundry.
    d) Pengetahuan tentang customer (Human Relation). Tutorial tentang bagaimana melayani customer bisa ditemukan di artikel berikut.
    e) Pengetahuan tentang bahan yang akan dicuci dalam kegiatan laundry.

  2. Pengelolaan biaya yang benar

    Pengelolaan biaya yang benar akan membuat laundry anda akan laris manis. Karena dengan pengelolaan biaya yang benar anda dapat dengan mudah bagaimana mengatur persaingan dengan kompetitor, karena ada hukum yang berlaku dipasaran yaitu "kualitas yang baik, mendapat penghargaan yang baik" anda tidak perlu menjadi  yang termurah dipasaran yang anda perlukan adalah anda menjadi yang terbaik, memberikan kualitas yang sebanding dengan harga, sehingga pelanggan tidak akan beralih kelain hati karena anda memberikan harga yang pantas. Kualitas yang dimaksud adalah kualitas layanan, kualitas hasil pencucian, kualitas human relation.

Leave a comment