Bersih, Hemat, Bersahabat

TIPS sukses Berbisnis Laundry

Tips Sukses Usaha Laundry

Belajar Bisnis laundry dari pengalaman pengusaha laundry yang sudah sukses.

Bisnis laundry sekarang ini cukup digemari dikalangan para pengusaha kecil menengah. Buktinya usaha ini sudah banyak bertebaran di pinggir jalan. Bahkan ada yang membuka usaha laundry dirumah tempat mereka tinggal. Hal ini membuktikan bahwa usaha laundry kiloan merupakan usaha yang cukup menjanjikan. 

bisnis laundry rumahan

Namun, nyatanya dalam memulai usaha ini tidaklah semudah yang dibayangkan. Karena meskipun banyak yang sukses, masih banyak orang yang mengalami kegagalan dalam menjalankan bisnis ini. Semua itu terjadi karena kurangnya pengetahuan dan perencanaan usaha yang matang.

Oleh sebab itu, sebaiknya perbanyak persiapan dan tentunya modal yang lumayan jika Anda ingin membuka jasa laundry. Artikel ini mudah-mudahan dapat membantu Anda untuk mempelajari cara memulai usaha laundry kiloan untuk pemula agar sukses di kemudian hari.

Salah satu point sukses berbisnis laundry adalah dalam pemilihan deterjen. Bagaimana memilih deterjen yang baik bisa dibaca di sini.

Mengintip Peluang Usaha Laundry Kiloan

Sebelum Anda mencari tahu bagaimana rahasia sukses memulai bisnis laundry ini, alangkah baiknya jika Anda mengintip peluang bisnis ini terlebih dahulu. Hal ini perlu dilakukan agar tahu target konsumen Anda.

usaha laundry kiloan

1. Pekerja Kantoran

Pekerja kantoran adalah target konsumen yang cukup realistis. Mereka adalah orang yang super sibuk yang bekerja dari jam tujuh pagi sampai dengan jam 5 sore. Terkadang malah ada yang lembur sampai malam. Sementara hari minggu adalah waktu yang digunakan untuk bersantai menghilangkan kepenatan sehingga tidak sempat mencuci.

2. Mahasiswa

Mahasiswa yang berasal dari daerah biasanya sering menyewa rumah kontrakan. Kesibukan sebagai pelajar membuat mereka enggan untuk sekedar mencuci pakaian. Apalagi mereka mendapat kiriman uang dari orang tua. Kebiasaan hidup enak di kampung halaman membuat mereka memilih jasa laundry kiloan saat berada di kontrakan.

3. Anak Kost

Hampir sama dengan mahasiswa, anak-anak kost yang umumnya para karyawan mall atau pabrik adalah perantauan. Mereka hampir tidak ada hari libur karena bekerja dengan sistem pembagian waktu. Ditambah lagi keadaan kost yang harus berbagi kamar mandi jika mereka tidak menyewa kamar kost yang ada kamar mandinya.

4. Pasangan Keluarga yang Sibuk Bekerja

Banyak pasangan suami istri yang dua-duanya bekerja. Bisa dibayangkan, sudah sibuk dengan kerjaan masing-masing, belum lagi masak, beres-beres rumah, mengurus anak membuat cucian menumpuk. Hal ini akhirnya membuat mereka lebih baik membawa tumpukan pakaian ke laundry terdekat. 

Selain membuka usaha Laundry, berikut ada juga tips untuk menghasilkan pendapatan tambahan untuk Mahasiswa, anak kost, ibu rumah tangga bahkan pekerja kantoran yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan. Baca artikelnya disini.

Persiapan Membuka Usaha Laundry Kiloan

Setelah Anda mengetahui pangsa pasar untuk bisnis laundry, tentunya Anda sudah memiliki gambaran sekarang. Ternyata ada banyak target konsumen yang menggunakan jasa laundry kiloan.

Sekarang saatnya Anda melakukan persiapan sebelum memulai usaha ini. Membuka bisnis laundry bukan hanya mengenai mencuci pakaian saja. Anda harus bekerja secara profesional sehingga hasilnya dapat memuaskan pelanggan. Oleh sebab itu, Anda mesti menerapkan beberapa faktor berikut ini sebelum membuka usaha laundry agar cepat sukses.

5. Mengerti Teknik Mencuci yang Baik

Membuka jasa laundry berarti mengharuskan Anda untuk belajar menguasai teknik mencuci pakaian yang baik. Karena ini menyangkut pakaian orang lain. Jika Anda bertindak asal-asalan, maka siap-siap Anda akan ditinggal pelanggan.

Selain itu, Anda harus belajar cara menyetrika yang rapi dan teknik melipat yang baik. Tidak ketinggalan juga untuk belajar membungkus pakaian agar saat pelanggan datang mengambil, merasa puas dengan pelayanan Anda.

translation missing: id.blogs.comments.title